INDUSTRIAL

Cara Membuat Studio Rekaman diRumah dengan Kedap Suara

Membuat Studio Rekaman diRumah. Setelah Anda memilih ruang yang akan diubah menjadi studio rekaman rumah Anda dan menilai kualitas suara ruangan tersebut, langkah selanjutnya kemungkinan besar adalah mencari tahu cara membuat ruangan kedap suara dan bahan kedap suara apa yang mungkin Anda butuhkan.

Secara umum, kedap suara adalah ukuran dasar yang digabungkan oleh semua studio rekaman. Namun, jika Anda melihat ada gema atau suara yang tidak sesuai pada rekaman tes pemutaran Anda (diambil di kamar Anda), maka Anda pasti ingin kedap suara. Untungnya, kedap suara tidak harus mencakup renovasi besar dan dapat dilakukan sesuai anggaran Anda.

membuat studio rekaman di rumah

Bob Breen dari Armor Pro Audio membahas bagaimana Anda dapat kedap suara ruang rekaman potensial Anda dan mengubahnya menjadi studio yang hebat, seperti yang dia lakukan dengan ruang studio Voices. Dia menyarankan bahwa ketika Anda berbicara tentang kedap suara, Anda perlu melihat suara yang berasal dari luar ruangan, serta suara yang sudah ada di dalam ruangan.

Catatan singkat tentang perbedaan antara perawatan suara dan peredam suara, mengapa keduanya penting, dan cara mencapai keduanya dengan anggaran terbatas sebelum mengembangkan ruang rekaman level awal Anda:

3 Langkah Membuat Studio Rekaman diRumah Anda Kedap Suara

1. Saring Suara Eksternal yang Tidak Diinginkan
Saat menyiapkan studio Voices, hal pertama yang dilakukan Bob adalah melihat ke pintu. Meskipun terlihat jelas, perlu diperhatikan bahwa titik masuk ke kamar Anda juga merupakan titik masuk untuk masuknya suara… dan untuk keluarnya suara.

Jadi, jika Anda memiliki pintu atau jendela di ruang yang ingin Anda gunakan untuk merekam, Anda perlu memeriksanya dan memastikan bahwa tidak banyak kebisingan eksternal yang masuk ke ruang Anda atau celah di mana kebisingan internal dapat menyaring keluar ruangan. .

Untuk retakan di bawah pintu Anda, Anda dapat menambahkan sapuan plastik (sangat terjangkau) di bawahnya. Ini dapat dengan mudah ditemukan di toko perangkat keras lokal Anda.

2. Tambahkan Drywall dan Isolasi ke Ruang Anda
Untuk studio Voices, lapisan kedua drywall ditambahkan di atas dinding yang ada untuk membantu mengurangi transmisi suara. Ini adalah alternatif yang lebih terjangkau untuk melepas drywall Anda saat ini, menambahkan insulasi ekstra ke dinding, dan kemudian membangunnya kembali. Jadi, jika Anda tidak memiliki banyak ruang gerak dalam anggaran Anda, Anda dapat menambahkan lapisan drywall lain di atas drywall yang ada. Cara lain yang mudah untuk membuat ruangan Anda kedap suara dengan cepat adalah dengan mengambil kantong insulasi dan meletakkannya di berbagai tempat di sekitar ruangan—ini mungkin bukan yang paling menyenangkan secara estetika, tetapi ini berhasil!

Anda juga dapat menambahkan panel kain untuk menghilangkan beberapa frekuensi suara kelas atas.

3. Tangani Kebisingan yang Tersisa
Jika Anda masih tidak puas dengan kualitas suara di dalam ruangan, Anda dapat membeli sistem pengurangan kebisingan yang membuat filter yang mengeluarkan suara yang tidak diinginkan dari rekaman akhir Anda.

membuat studio rekaman dirumah

Yang Bisa Lakukan dan Jangan diLakukan Kedap Suara Ruangan

Tingkatkan akustik ruangan Anda dengan menggunakan kombinasi langkah-langkah yang menangani penyerapan dan difusi suara sehingga Anda dapat yakin bahwa Anda tidak hanya menghilangkan semua suara di dalam ruangan.

Jangan membuat ruangan Anda terlalu kedap suara. Anda tidak hanya ingin menghindari seluruh ruangan terlihat seperti tertutup panel, jika Anda menambahkan terlalu banyak insulasi atau panel, Anda tidak akan memiliki suara high-end yang tersisa. Panel berlapis kain tidak hanya menghilangkan suara bass—tetapi juga menghilangkan semuanya. Bob merekomendasikan untuk meninggalkan jarak antar panel jika Anda akan menambahkan panel kain sebagai pengganti isolasi. Jika Anda tidak memiliki banyak jarak antar panel, Bob mengibaratkan suara yang dihasilkan seolah-olah Anda merekam “dalam kotak tisu”. Menggunakan peredam saja akan membuat ruangan terdengar kusam.

Berusahalah untuk diam di ruang rekaman Anda. Anda pasti ingin meredam kebisingan tambahan. Ini tidak harus berarti konstruksi ekstensif. Anda hanya membutuhkan bahan yang lembut untuk meredam kebisingan. Meskipun Anda mungkin merasa sedikit konyol pada awalnya, cobalah menutupi kepala dan mikrofon dengan selimut. Kelembutan selimut akan membantu menghilangkan kebisingan tambahan dan tidak diinginkan di dalam ruangan.

Jangan lupa untuk kedap suara berdasarkan ukuran ruangan Anda. Ruang yang lebih kecil akan membutuhkan lebih sedikit penyerapan dan difusi. Aturan praktis yang baik adalah memutar ulang audio Anda dan mendengarkan untuk melihat apakah kedengarannya membosankan. Jika demikian, perbaikan cepat adalah membuang apa pun dengan beberapa sudut di atasnya (seperti panel akustik) ke sudut ruangan. Bedakan antara suasana ruangan dan tingkat kebisingan. Sebelum Anda menyalakan mikrofon, buka perangkat lunak perekaman Anda. Lantai kebisingan Anda harus terdaftar (sekitar -68 hingga -70db adalah standar). Kebisingan lantai kebisingan mengacu pada kebisingan elektronik bawaan yang berasal dari rantai sinyal semua peralatan perekam dan normal. Setelah Anda menyalakan mikrofon, Anda mungkin melihat tingkat kebisingan meningkat karena kebisingan sekitar.

Cara Murah untuk Kedap Suara Ruangan Anda

Membuat Studio Rekaman diRumah. Anda juga ingin mempertimbangkan objek apa pun di ruangan yang dapat memengaruhi cara suara bergerak ke seluruh ruangan. Jika Anda memiliki meja atau meja di ruang rekaman Anda, Anda pasti ingin mempertimbangkannya juga bagaimana suara akan merambat. Bob memiliki perbaikan cepat sederhana untuk menangani bagaimana meja atau benda lain di ruangan dapat memengaruhi cara suara Anda merambat: masalah,” katanya.

1. Penutup Kasur. Penutup kasur peti telur adalah cara ekonomis untuk mendapatkan kedap suara dan bekerja mirip dengan busa akustik. Mereka dapat ditemukan di banyak toko perlengkapan diskon dan seringkali di toko barang bekas. Mereka dapat dengan mudah dipasang dengan menempelkan atau menjepitnya ke dinding Anda.

2. Karpet. Semakin tebal semakin baik! Ini bukan hanya untuk lantai. Anda dapat menempelkan karpet ke dinding Anda atau memotong potongan karpet dan menempelkannya ke jahitan di sekitar jendela dan pintu untuk meredam suara yang masuk dari luar. Pergi ke perusahaan lantai lokal Anda dan tanyakan tentang pembelian salah potong mereka.

3. Sound Baffle. Ini adalah penghalang yang menghentikan gema di sebuah ruangan. Pasang lembaran atau potongan busa di berbagai titik di langit-langit Anda untuk mengurangi kebisingan udara. Mereka tidak perlu menyentuh lantai untuk membuat dampak yang signifikan dan merupakan barang tambahan yang mungkin Anda miliki di sekitar rumah Anda.

Jika Anda masih bingung di mana Anda harus menambahkan insulasi atau bantalan ekstra untuk membuat studio rekaman rumah Anda kedap suara dan menangani penyerapan dan difusi, hal utama yang harus diperhatikan adalah kemungkinan lubang atau retakan (termasuk hal-hal seperti outlet listrik dan sakelar lampu ) yang melaluinya suara dapat masuk atau keluar ruangan.

Menurut Bob, kedap suara studio rekaman rumah terbaik bisa didapat jika Anda “Perlakukan [ruangan] seperti Anda akan mengisinya dengan air dan menaruh ikan di dalamnya.” Jika ada air yang dapat keluar dari ruangan, maka di situlah Anda ingin memfokuskan upaya kedap suara Anda.

Semoga berhasil dan selamat kedap suara!
Apa yang telah Anda lakukan untuk kedap suara kamar Anda? Beritahu kami tips Anda di bagian komentar di bawah ini.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *