INDUSTRIAL

Cara Meredam Suara dari Luar

Halo saat ini saya mau membahas topik cara meredam suara dari luar ruangan, yang banyak mengalami masalah baik di rumah, apartemen, kantor, pabrik, bahkan sekolah dan rumah sakit.

Lalu bagaimana cara meredam suara dari luar itu dan bahan peredam suara apa yang digunakan? Disini saya akan membahas cara meredam suara dari luar dengan beberapa bahasan topik yaitu bahan peredam suara, teknik meredam suara dari luar untuk rumah apartemen, cara meredam suara dari luar untuk studio musik dan karaoke serta biaya untuk pemasangannya.

Bahan Peredam Suara

Untuk mengetahui cara meredam suara dari luar maka kita harus tahu dahulu bahan bahan yang digunakan yang banyak beredar dipasaran. Jika anda ingin membelinya bisa hubungi kami dinomor 081932985325 ; 085319906869. Bahan peredam suara ini antara lain adalah:

Bahan Peredam Suara Rockwool. Salah satu bahan untuk meredam suara dari luar adalah rockwool. Apa itu rockwool? rockwool dibuat dari bahan bebatuan yang dibentuk sedemikian rupa sehingga menghasilkan bentuk lembaran dan gulungan seperti selimut dengan tebal mulai dari 2.5 cm, 5 cm sampai 10 cm dengan densitas daya kedap 40 kg/m3, 60 kg/m3, 80 kg/m3 bahkan sampai 100 kg/m3 dan 140 kg/m3. Jika anda mau memesan silahkan hubungi nomor di website ini.

Baca Artikel Lainnya : Peredam dan Interior Karaoke

Rockwool banyak digunakan untuk meredam suara dari luar untuk ruangan studio musik, karaoke, kamar rumah apartemen bahkan ruangan partisi kantor.  kelebihan rockwool tidak gatal dan tidak berbau, aman dan mudah untuk diaplikasikan juga memiliki daya kedap suara cukup tinggi.

Sementara kekurangan rockwool bisanya hanya biasa digunakan untuk memlokir suara jenis mid dan high. Sementara untuk memblokir suara low dan getaran umumnya tidak bisa menggunakan bahan rockwool saja.

meredam suara dari luar

Untuk meredam suara dari luar dengan bahan peredam suara lainnya digunakan bahan acourete yaitu bahan silent wall atau mat resin yang merupakan bahan impor korea. Bahan ini memiliki daya kedap atau densitas 1700 kg/m3 dan 2000 kig/m3 jadi sangat besar daya kedapnya jika dibandingkan bahan peredam rockwool, glasswool, greenwool atau bahkan karpet peredam suara.

Sayangnya bahan ini sangat mahal harganya meski untuk meredam suara dari luar baik untuk kamar rumah, apartemen, studio musik, karaoke sangat bagus dan aman serta mudah diaplikasikan. Namun jika anda membutuhkan bahan ini silahkan hubungi kami dinomor kami di website ini.

Baca Artikel Lainnya : Membuat Studio Musik

Bahan berikutnya untuk meredam suara dari luar adalah glasswool yaitu bahan peredam suara yang mirip dengan rockwool cuma bahannya terbuat dari serbuk kaca yang dibuat sedemikian rupa sehingga menghasilkan lembaran dan gulungan glasswoll. Sayangnya glasswool memiliki daya kedap suara kecil mulai dari 16 kg/m3, 24 kg/m3, 32 kg/m3 hingga 48 kg/m3 jauh dibawah rockwool dan silent wall atau resin.

Demikian pembahasan mengenai bahan peredam suara kali ini, lain kali akan kami bahan secara lebih detail. untuk selanjutnya kami akan bahas cara pemasangan bahan peredam suara untuk meredam suara dari luar agar hasil maksimal.

Cara Pasang Bahan Peredam Suara

Untuk hasil maksimal maka kita harus mengetahui cara pasang bahan peredam suara agar hasilnya nyata dan maksimal.

Cara Pasang Rockwool

Secara sederhana cara pasang rockwool untuk meredam suara dari luar agar maskimal adalah dengan memastikan tembok ruangan berbahan batu bata merah dan bukan gypsum atau hebel. Jika hal ini sudah maka anda tinggal melapisi rangka yiatu hollow atau metal stud ytang menghadap ke tembok dengan busa ati atau spoon ati tebal 3 mm lalu pasang rangka tadi dengan jarak 60 cm sehigga memiliki kekuaran yang bagus. Selanjutnya masukan rockwool di sela sela rangka tadi dan pastikan bisa terpasang dengan rapih dan ketutup semua sehingga tidak ada celah sama sekali. Selanjutnya tutup dengan gypsum tebal minimal 9 mm atau 12 mm bisa dengan single atau double gypsum kemudian kompon area sambungan dan paku agar lebih rapih dan kedap dan bidang gypsum siap di cat atau di wallpaper.

Baca Artikel Lainnya : Biaya Pasang Peredam Suara

Cara Pasang Silent Wall atau Mat Resin

Seperti halnya rockwool, meredam suara dari luar menggunakan silent wall atau mat resin membutuhkan rangka gypsum dan bahan lainnya. Bedanya silent wall ini dipasang digypsunya dengan cara di lem dengan lem kuning dan bukan dipasang di sela selanya. Jadi sesudah rangka dan gypsum terpasang, peredam suara silent wall dan mat resin ini dilem ke gypsum lalu sesudah semua tertutup rapat dan rapih, ditutup kembali dengan gypsum sehingga posisi silent wall atau mat resin ini ada di tengah tengah gypsum. Sesudah terpasang baru di kompon dengan rapih dan bisa dicat atau wallpaper atau lainnya.

meredam suara dari luar

Kelebihan bahan ini adalah daya kedapnya tinggi hingga 2000 kg/m3 dengan tebal hanya 3 mm saja, sifatnya lentur dan tidak mudah robek atau tebakar sehingga sangat bagus dan sehat untuk manusia tidak ada efek samping apapun.

Kami menyarankan anda menggunakan bahan ini jika ingin menghasilkan daya kedap suara yang tinggi. untuk pemesanan silent wall dan mat resin ini silahkan hubungi kami di website ini.

Cara Pasang Glasswool

Selain bahan peredam suara diatas, penggunaan glaswool sebagai cara meredam suara dari luar juga sering digunakan oleh banyak orang. Lalu apakah bedanya antara glasswool dan rockwool. Glasswool terbuat dari serat kaca sementara rockwool terbuat dari bebatuan. Dari segi bahan saja sudah banyak perbedaan. Lalu glasswool umumnya memiliki densitas atau daya kedap suara yang lebih kecil dibandingkan rockwool dan silent wall.

meredam suara dari luar

Cara pasang glasswool mirip dengan rockwool. Jika anda menggunakan glasswool lembaran maka cara pasangnya sama dengan cara pasang rockwool. Jika ada menggunakan glasswool gulungan bisa  memasang nya dengan cara seperti rockwool atau dengan terlebih dahulu di pasnag di tembok dengan bantuan lem atau sejenisnya agar tidak jatuh baru kemudian dipasang rangka dan gypsum dan lainnya seperti busa spoon dan lain lain.

Baca Artikel Lainnya : Peredam Suara Dinding Tembok

Meredam Suara dari Luar untuk Kamar

Jika anda memiliki masalah kebisingan, maka bisa menggunakan bahan bahan peredam suara tadi dengan cara pasang yang sama. Cuma kami sarankan anda sebelum melakukan pemasangan peredam suara anda harus analisa dahulu kebocoran suara, tingkat kekerasan suara, sampai jenis frekuensinya. Maksudnya untuk bisa memastikan bahwa pemasangan yang akan anda lakukan memang benar benar bisa dilakukan dan menghasilkan hasil sesuai dengan harapan. Misalnya jika mau meredam suara kamar dengan kebisingan dari jalan raya dan suara speaker. Sering kali suara masuk ke kamar melalui jendela, pintu, dan kaca atau plafon yang bukan dak. Jika hal ini kondisinya maka anda bisa menggunakan bahan peredam suar rockwool atau silent wall untuk memblok suara dari arah plafon, atau tembok yang tipis.

Sedangkan untuk memblok suara dari jendela atau  kaca harus menggunakan bahan peredam suara kaca jendela yang khusus memang dibuat untuk memblokir suara masuk dari kaca atau jendela. Untuk area pintu bisa dibuatkan pintu peredam suara atau dibuatkan panel peredam yang bisa menambah daya kedap dari pintu. Biasanya pintu kedap suara bisa memblokir suara masuk hinga 95% terblokir dan hasilnya kamar ruangan tidur akan nyaman dan enak tidak diganggu suara bising dari luar.

Jika anda ragu dengan analisa anda, maka bisa gunakan jasa kami untuk membantu membuatkan peredam suara kamar dengan terlebih dahulu melakukan analisa kebisingan, kebocoran suara dan memilih bahan peredam yang sesuai dengan kondisi dilapangan.

Biaya Pasang Peredam Suara untuk Meredam Suara dari Luar

Mengenai biaya pasang meredam suara dari luar, sangat tergantung dari beberapa faktor, yaitu volume permukaan yang mau diredam,bahan material yang digunakan, ketebalan atau densitas bahan material, serta jenis finishingya.

meredam suara dari luar

Misalnya anda mau pasang peredam area plafon, tembok 1 sisi dan kaca/jendela dan pintu. volume plafon dan tembok 20 m2, maka yang dihitung adalah biaya peredam suara area tembok plafon 20 m2 dikalihkan biaya pasang peredam suara total per m, misalnya Rp 560.000, maka kalihkan dengan 20 m2 hasilnya adalah Rp 11.200.000; bisanya biaya ini sudah termasuk bahan peredam semcam rockwool dan jasa pasangnya. Jika menghitung area kaca jendela maka biaya tetep sama dihitung dengan volume yang ada. Misalnya volume pintu dan jendela 8 m2, maka dikalihkan harga satuanya  jendela kaca pintu peredam, misalnya per m Rp 2.300.000, tinggal dikalihkan 8 m2.

Mengapa peredam kaca jendela lebih mahal? Sebab area kaca memang di buat langsung dari pabrik dengan sistem double glass minimal 5 mm per glass, dengan dikasih jarak antar glass1 cm sehingga menghasilkan daya kedap suara yang cukup tinggi. Jika anda membutuhkan jasa peredam kaca jendela silahkan hubungi nomor diwebsite ini.

Baca Artikel Lainnya : Membuat Jendela Peredam Suara

Demikian penjelasan kami  mengenai hal cara meredam suara dari luar, semoga penjelasan ini bisa bermanfaat dan digunakan sebaik baiknya. Untuk kebutuhan bahan peredam suara maupun jasa pasangnya silahkan hubungi nomor di webiste ini. Terima kasih

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *