Cara Untuk Peredam  Suara Jendela

 Jendela adalah salah satu sarana kebisingan masuk ke dalam ruangan, maka anda membutuhkan Cara Untuk Peredam  Suara Jendela yang bisa mengatasi hal tersebut. Jalan yang bising, tetangga yang bising, dan aktivitas industri di sekitar dapat menghasilkan tingkat suara yang sangat tinggi yang melewati jendela Anda. Namun, ada beberapa metode yang relatif mudah tersedia untuk  jendela peredam  suara.

Cara Membuat Jendela Peredam  Suara Secara Efektif

Menerapkan kaca ganda atau menambahkan lapisan kaca ekstra adalah cara terbaik untuk jendela peredam  suara. Alternatif murah termasuk steker jendela, segel, jendela badai, dan tirai peredam  suara. Nah, itu dia jawaban singkatnya.

Baca Juga Artikel Lainnya : Memasang Peredam Suara Dinding Tembok

Berdasarkan pengalaman dan penelitian, berikut 7 cara efektif membuat jendela peredam  suara:

1.    Kaca Ganda

2.    Bangun Steker Jendela

3.    Tutup Celah Udara

4.    Tambahkan Tirai Peredam  Suara

5.    Pasang Panel Fiberglass Berlapis

6.    Tambahkan Storm Jendela

7.    Tambahkan Lapisan Ekstra Di Atas Kaca Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan, tetapi semuanya efektif, terutama bila digunakan dalam kombinasi.

Mari kita bahas apa yang terlibat sehingga pemilik rumah dapat membuat keputusan yang tepat dan akhirnya tidur!

Cara Membuat Jendela Peredam  Suara 

1. Kaca Ganda

Kaca ganda menawarkan insulasi terbaik tetapi perhatian utama adalah dengan biaya yang terlibat. Jendela kaca ganda melibatkan pemasangan bingkai jendela dengan dua panel kaca dengan jarak antara 12mm – 16mm.Jendela peredam  suara berlapis ganda Penampang kaca ganda.  Ruang antara bingkai dan panel disegel untuk membuatnya peredam  udara dan udara mati di antaranya bertindak sebagai area isolasi yang sangat efektif.  Di bawah ini adalah bagan yang membandingkan efektivitas peredam  suara dalam hal STC (Kelas Transmisi Suara) dari jendela panel tunggal, laminasi, dan kaca ganda normal.

jendela peredam suara

Nilai rata-rata STC dari ketiga jenis tersebut adalah seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Efek dari setiap nilai STC diberikan dalam tanda kurung sesuai informasi dari Wikipedia.

  1. Jendela panel tunggal: Rata-rata STC 30 (Ucapan keras dapat dipahami)
  2. Jendela berlaminasi: Rata-rata STC 35 (Ucapan keras terdengar tetapi tidak dapat dipahami)
  3. Jendela berlapis ganda: Rata-rata STC 41 (Ucapan keras terdengar sebagai gumaman)

Seperti yang Anda lihat, jendela berlapis ganda membuat perbedaan besar tetapi seperti yang disebutkan sebelumnya, harganya mahal. Mari kita lihat beberapa opsi yang lebih murah.

2. Bangun Steker Jendela

Sejauh ini, ini adalah jawaban paling sederhana untuk masalah kebisingan jendela. Sumbat jendela mudah dibuat, terbuat dari bahan yang murah, dan sangat efektif. Mereka bekerja dengan mengisi ruang di depan jendela Anda dengan lapisan busa akustik, anyaman peredam  suara, dan kayu. Busa di bagian depan menyerap gelombang suara yang masuk.

Suara apa pun yang menembus busa diblokir oleh tikar dan papan penyangga kayu. Pegangan ditambahkan ke permukaan belakang kayu untuk memudahkan pemasangan dan pelepasan.steker jendela Steker jendela adalah cara murah untuk membuat jendela peredam  suara.  Colokan memiliki keuntungan bahwa mereka tidak permanen.

Mereka dapat ditambahkan saat dibutuhkan dan ditarik saat tidak. Dan itu bagus karena mereka memiliki beberapa kelemahan yang signifikan. Pertama, mereka tidak terlalu menarik, baik dari dalam rumah atau dari jalan. Plus mereka memblokir semua cahaya yang masuk. Jika masalah kebisingan Anda terus-menerus, Anda tidak akan memiliki kesempatan untuk melepas sumbat, yang berarti Anda tidak akan dapat menikmati sinar matahari alami di siang hari. Tentu saja, jika Anda tinggal di daerah dengan polusi cahaya yang signifikan di malam hari, sifat penghalang cahaya colokan bisa menjadi keuntungan. Untuk membuat penutup jendela, Anda harus terlebih dahulu mengukur tinggi, lebar, dan kedalaman bukaan jendela Anda. Buat steker Anda sedikit lebih lebar dan lebih tinggi dari bukaan jendela Anda untuk memastikan segel rapat.Pengukuran kedalaman jendela penting karena akan menentukan seberapa tebal steker Anda. Ingatlah saat menghitung ketebalan ini untuk menyisakan setidaknya satu inci ruang antara busa steker dan kaca jendela Anda.

Baca Artikel Lainnya : Cara Membuat Peredam Suara Ruangan

Celah udara itu akan membantu kemampuan steker untuk memblokir suara. Untuk membangun penghalang Anda, potong busa akustik, tikar peredam  suara, dan papan kayu (kayu lapis atau MDF berfungsi dengan baik) ke ukuran yang sedikit lebih tinggi dan lebih lebar dari bukaan jendela Anda. Kemudian rekatkan keset ke kayu dan rekatkan busa ke keset. Anda dapat mengencangkan tarikan laci logam ke bagian belakang papan kayu untuk berfungsi sebagai pegangan. Setelah lem mengering, cukup tekan steker dengan kuat ke bukaan jendela, sisakan celah kecil antara busa dan kaca. Anda akan melihat pengurangan dramatis dalam gangguan kebisingan.

3. Tutup Celah Udara

Jika Anda memiliki jendela ganda atau triple-paned yang layak dan Anda masih memperhatikan kebisingan berlebih dari luar, Anda harus melihat apakah Anda memiliki celah udara yang signifikan di sekitar jendela Anda yang menerima suara. Untuk melakukan ini dengan benar, Anda harus menghapus sementara trim dari sekitar jendela Anda.

Ini akan memberi Anda akses ke tepi luar bingkai jendela Anda. Isi celah, lubang, atau celah dengan sealant akustik berkualitas. Sealant akustik adalah polimer yang dirancang khusus yang mengisi lubang dan mencegah getaran suara menyebar melalui udara terbuka. Perhatikan apa yang Anda lakukan. Penting untuk tidak menerapkan sealant di tempat-tempat yang dapat mempengaruhi pengoperasian normal jendela Anda. Metode ini juga baik untuk digunakan bersama dengan metode lain untuk perlindungan suara ekstra.

4. Tambahkan Tirai Peredam  Suara

Seperti sumbat jendela, gorden peredam  suara cukup mudah dipasang, terutama jika Anda sudah memiliki batang gorden. Karena mereka adalah tirai kain, mereka lebih menarik daripada penutup jendela berbahan kayu. Namun, mereka hampir tidak efektif dalam menghentikan suara yang tidak diinginkan. Tidak seperti sumbat jendela yang menyerap sekaligus menghalangi kebisingan, gorden hanya bisa menyerap. Daya serap ini ditentukan oleh ketebalan gorden, kerapatan kain, dan apakah ada lapisan dalam untuk menambah lapisan dan ketebalan ekstra. Jika Anda menderita polusi suara yang parah, tirai suara saja tidak akan menyelesaikan masalah Anda, tetapi tirai tersebut dapat memberikan sedikit perlindungan ekstra saat digunakan bersama dengan metode lain.

Di atas sedikit tambahan penyerapan kebisingan ini, mereka dapat membuat solusi jelek seperti sumbat jendela lebih menarik dengan menyembunyikannya di balik tirai. Salah satu metode untuk membuat tirai peredam  suara lebih efektif adalah dengan membelinya lebih lama dari yang Anda butuhkan sehingga Anda dapat melipatnya untuk menambahkan lapisan lain dan meningkatkan ketebalan penutup.

5. Pasang Panel Fiberglass Berlapis

Untuk meredam kebisingan eksterior, semakin tebal dan padat material yang Anda gunakan, semakin baik. Tirai relatif tipis. Panel fiberglass berlapis jauh lebih tebal dan sangat padat. Sebuah panel yang lebarnya empat kaki kali delapan kaki dan dua inci beratnya lebih dari dua belas pon! Bobot panel sangat ideal karena cenderung rata dengan bingkai jendela saat digantung dengan pengait dari atas. Ini memperbaiki kegagalan tirai lainnya. Mereka cenderung menerima suara di bagian atas dan bawahnya di mana lipatan gorden tidak menempel erat ke jendela.

Baca Artikel Lainya : Metode Pembuatan Peredam Suara

Panel dilengkapi dengan lubang lubang logam yang diperkuat. Untuk menggantung panel, Anda dapat memasang kait tugas berat di sekitar bingkai jendela Anda dan memasukkannya ke dalam lubang tali. Untuk membuat panel lebih efektif, Anda dapat menempelkan ujung-ujungnya menggunakan velcro yang kuat. Ini membuat segel ketat di sekitar bagian luar jendela, bahkan lebih sedikit suara. Sementara panel fiberglass berlapis secara signifikan lebih efektif dalam menyerap suara daripada tirai peredam suara, itu kurang menarik. Tetapi sekali lagi, Anda dapat memasang keduanya, dan menutupi panel dengan tirai.

6. Tambahkan Storm Jendela

Jika Anda memiliki jendela kayu, terutama jendela satu panel yang lebih tua, Anda dapat memperkuat kemampuannya untuk memblokir kebisingan dengan memasang jendela badai di depannya. Lapisan kaca ekstra dan ruang udara di antara kedua jendela menambah penghalang ekstra untuk transmisi suara. Ini adalah perbaikan yang lebih mahal daripada beberapa metode lain dalam daftar ini dan mungkin di luar kemampuan beberapa pemilik rumah, tetapi penambahan itu bisa menjadi ukuran yang bermanfaat untuk mengatasi kebisingan.

Jika masalah Anda cukup parah, Anda dapat mempertimbangkan untuk menghubungi kontraktor dan mendapatkan penawaran. Namun, DIYers yang terampil dan petualang pasti bisa melakukan pekerjaan itu. Ada satu peringatan penting. Jika Anda memiliki jendela pengganti vinil, menambahkan jendela badai tidak disarankan. Dalam kasus tertentu, panas dapat menumpuk di antara dua jendela hingga tingkat yang cukup sehingga bingkai jendela vinil dapat menekuk, membungkuk, atau melorot, merusak jendela secara permanen.

7. Tambahkan Lapisan Ekstra Di Atas Kaca

Cara lain untuk menambahkan lapisan pelindung adalah dengan menempelkan lembaran akrilik ke kaca jendela Anda yang sudah ada. Metode ini tidak seefektif jendela badai karena Anda mendapatkan celah udara yang lebih kecil di antara lapisan, tetapi masih cukup efektif dan secara signifikan lebih mudah dan lebih murah. Pastikan Anda mendapatkan lembaran plexiglass yang cukup tebal. Plexiglass tipis tidak akan menawarkan banyak perlindungan suara.

Namun, jangan terlalu tebal, atau lembarannya akan menjadi terlalu berat. Sesuatu di sekitar ” hingga ” tebal harus bekerja dengan baik. Juga, gunakan akrilik kelas jendela. Ini tidak akan pudar atau berubah warna karena paparan sinar matahari. Anda harus mengukur bagian dalam bingkai jendela Anda dan kemudian memotong panel plexiglass agar pas. Untuk memasang, pertama-tama Anda harus membuat kerangka logam atau kayu sederhana. Bangun sedalam yang dimungkinkan oleh bingkai jendela Anda. Ini menciptakan ruang udara mati antara jendela dan lembaran kaca plexiglass Anda.

Bangun sedikit lebih tinggi dan lebih lebar dari jendela Anda sehingga Anda dapat memasangnya dengan aman di tempatnya. Ini lebih baik daripada menempelkan bingkai ke jendela karena bisa dilepas dengan mudah di masa depan. Anda kemudian akan merekatkan magnet yang kuat dan tipis di sekitar bingkai dan di tempat yang cocok pada kaca plexiglass.

Magnet ini akan menahan lembaran akrilik Anda di tempatnya dan memungkinkannya untuk dilepas jika Anda perlu membuka jendela. Cara ini lebih efektif daripada tirai dan panel fiberglass dan memiliki keuntungan tidak menghalangi pandangan Anda.Manfaat Tambahan untuk Peredam  Suara Jendela Anda Tergantung pada metode atau metode yang Anda pilih, Anda akan mendapatkan pengurangan polusi suara bersama dengan sejumlah manfaat lainnya.

Semua metode yang dirinci di sini akan membantu tahan cuaca dan melindungi jendela Anda ke berbagai tingkat. Ini berarti kontrol yang lebih baik dari infiltrasi udara dingin selama musim dingin dan pengurangan perpindahan panas selama musim panas. Metode yang sepenuhnya menghalangi sinar matahari, seperti sumbat jendela, tirai, dan panel fiberglass berlapis akan menghalangi sebagian besar panas matahari musim panas, mengurangi penggunaan AC Anda.

Baca Artikel Lainya : Pembuatan Partisi Peredam Suara

Pengurangan sinar matahari ini juga akan melindungi barang berharga Anda dari pemutihan matahari. Dan seperti yang disebutkan sebelumnya, jika Anda juga berjuang melawan lampu eksterior yang terang di malam hari, opsi pemadaman ini akan membantu dengan polusi suara dan cahaya.Pertanyaan Umum tentang Peredam  Suara Jendela

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang mungkin Anda miliki tentang jendela peredam  suara.

Jendela apa yang terbaik untuk peredam  suara?

Jendela berlapis ganda adalah yang terbaik untuk peredam  suara, terutama mengingat jendela tersebut menyediakan lapisan udara berinsulasi tertutup di antara panel.

Apakah jendela peredam  suara mahal? Jendela terbaik untuk peredam  suara (berkaca ganda) sangat mahal karena harganya bisa ribuan dolar.

Bagaimana saya bisa membuat jendela peredam  suara dengan harga murah? Sumbat jendela dan tirai peredam  suara adalah beberapa bahan yang dapat membantu jendela peredam  suara dengan harga murah.

Apakah jendela tiga panel peredam  suara?

Jendela tiga panel bukanlah ide yang baik dari perspektif peredam  suara karena akan terpengaruh oleh efek daun tiga.Bisakah Anda peredam  suara jendela yang ada tanpa menggantinya? Ya, jendela yang ada dapat dibuat peredam  suara sampai batas tertentu dengan menggunakan sumbat jendela atau tirai peredam  suara.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *