INDUSTRIAL

Meredam Suara Kamar dengan Bahan Sederhana

Kamar anda bising? tentu kamar bisa diredam kebisingannya dengan bahan sederhana, baik itu kamar rumah atau apartemen. Mari kita bahas cara meredam suara dikamar tidur baik di apartemen maupun di rumah dengan bahan sederhana.

Berikut langkah langkah yang harus diketahui sebelum memasang bahan peredam suara di kamar:

  1. Ukur kebisingan suara yang masuk ke dalam kamar, entah suara kendaraan, suara tetangga sebelah, mesin dll sehingga kita bisa tahu itulah suara yang harus kita blokir agar tidak masuk ke kamar. Cara mengukurnya yaitu dengan alat ukur kebisingan seperti sound meter level. Disitu bisa diketahui seberapa tinggi kebisingan yang ada, yaitu kebisingan suara asli dan background noise nya. Apa itu suara asli dan background noise nanti akan kami jelaskan detailnya.
  2. Cari celah/lobang atau media dari mana suara itu bocor. Biasanya ada 2 medium digunakan yaitu airborne noise dan structure noise. Apa itu? airborne noise adalah kebisingan yang timbul dari medium udara. Dimana ada udara disitu ada suara masuk. Struictur noise yaitu melalui medium beda padat seperti dinding/tembok. plafon, lantai dan sebagainya. Jika kedua hal ini sudah ditemukan maka catat dan analisis untuk mencari tahu langkah berikutnya yiatu penanganannya.
  3. Gunakan bahan material sesuai tingkat kebisingan yang ada. Misalnya kebisingan suara percakapan dari tetangga apartemen tidak perlu bahan material dengan spek tinggi seperti pada ruang studio rekaman, tapi bisa menggunakan bahan sederhana seperti glasswool atau rockwool dilapis dengan bahan lain agar bisa mencegah kebisingan dengan lebih maksimal. Namun jika kebisingan disebabkan dari structure noise misalnya suara mesin genset atau sejenisnya yang menyebabkan kamar jadi bising maka solusi terbaik adalah sumber suaranya yang diisolasi dengan bahan peredam suara tersebut. Kecuali jika anda memang mau memasang peredam sendiri dikamar, maka akan kami berikan solusi terbaik dengan memutus energi suara agar tidak masuk ke dalam ruangan kamar.
  4. Jika ada kurang yakin dengan apa yang anda kerjakan silahkan hubungi kami sebagai rekanan kontraktor peredam suara anda. Kami akan jelaskan dan bantu solusi nomor 1 hingga selesai dengan hasil maksimal sesuai dengan keinginan dan kemampuan anda.

Bahan Material Peredam Suara

Bahan Material Peredam Suara yang banyak digunakan akan kami bahas sedikit dibawah ini agar mungkin anda bisa memahami dan mengerti dan bisa mengerjakan dengan baik dan teknik peredam suara yang baik dan benar.

  1. Rockwool

Rockwool adalah produk serat mineral ringan yang terbuat dari bahan dasar bebatuan, yang dirancang sebagai bahan peredam suara, isolasi terhadap panas, dan dapat juga digunakan sebagai media tanam hidroponik.

Fungsi umum dari rockwool adalah untuk memberikan isolasi di rumah tinggal atau bangunan komersial. Rockwool juga dapat melindungi pipa, kapal, rumah mobile dan peralatan memasak domestik. Meskipun paling umum dikenal untuk menyediakan isolasi di rumah, orang juga menggunakan rockwool dan slagwool sebagai media tumbuh hortikultura.

Karena serat yang tidak mudah terbakar dan memiliki titik leleh yang ekstrim lebih dari 2.150 derajat Farenheit, isolasi rockwool bertindak sebagai penghalang api. Karakteristik tahan apinya dapat menunda penyebaran api, yang bisa menambahkan menit berharga untuk melarikan diri saat kebakaran. Rockwool juga tahan air, anti pembusukan dan jamur, termasuk berbagai jenis pertumbuhan bakteri. Karena tahan air, rockwool tidak akan melemah atau kendur. Rockwool memiliki isi yang padat, sehingga mengurangi aliran udara dan transmisi gelombang suara.

Rockwool merupakan material isolasi yang berfungsi meredam suara dan dapat menginsulasi panas. Rockwool board juga bersifat menyerap uap air. Dalam keadaan lembab, kemampuan meredam suara rockwool menjadi berubah. Rockwool board yang lembab akan berjamur dan beratnya menjadi 5 – 7x berat aslinya. Kelembaban rockwool juga berdampak pada umur yang mana rockwool Lembaran akan mudah menjadi lapuk dan hancur seperti pasir. Untuk menginsulasi kebocoran suara, bahan peredam suara rockwool dipasang di celah udara antara dua partisi. Sedangkan, untuk meredam pantulan suara, bahan peredam suara dipasangkan menghadap sumber suara.

Harga rockwool umumnya lebih murah dibandingkan glasswool, hal ini disebabkan karena umumnya rockwool yang digunakan adalah jenis rol seperti rockwool roll sepanjang 15 meter untuk ketebalan 5 cm atau 30 meter untuk ketebalan 2.5 cm. Harga rockwool ditentukan spek densitas suaranya, sehingga jika dihitung secara meteran akan jauh lebih murah dibandingkan dengan harga bahan peredam rockwool atau greenwool. Untuk mendapatkan harga rockwool lembaran dan roll silahkan hubungi kami dinomer website ini. Kami bisa mengantar langsung ke lokasi area Jabotebak dan sekitarnya.

Sebagai Agen Distributor Tempat Jual Rockwool Murah di Jakarta, kami menyediakan bahan peredam suara dan panas rockwool yaitu
1. Agen Distributor Tempat Jual Rockwool Densitas 40 kg tebal 5 cm dan 2.5 cm
2. Agen Distributor Tempat Jual Rockwool Densitas 60 kg tebal 5 cm dan 2.5 cm
3. Agen Distributor Tempat Jual Rockwool densitas 80 kg tebal 5 cm dan 2.5 cm
4. Agen Distributor Tempat Jual Rockwool densitas 100 kg tebal 5 cm dan 2.5 cm
5. Agen Distributor Tempat Jual Rockwool Peredam Suara Mesin Genset
6. Agen Distributor Tempat Jual Rockwool Blangket Roll
7. Agen Distributor Tempat Jual Rockwool Peredam Panas
8. Agen Distributor Tempat Jual Rockwool aluminium

Kami menjual peredam / insulasi panas di ruangan mesin, api dan suara seperti Rockwool, Glasswool aluminium, paku spindel pin, paku buat peredam suara mesin, fiber dan ceramic, peredam panas Basstrap , busa telur, Glass Cloth, aluminium foil dan insulasi suara lainnya. Rockwool Jakarta adalah importir langsung sound insulation Rockwool import dari Malaysia.

Kami menjual material khusus untuk peredam suara dan peredam panas seperti paku spindel pin, paku buat peredam suara mesin, rockwool, glaswool, yang biasa di gunakan untuk ruang musik, ruang karaoke, ruang studio, ruang generator, pabrik maupun perumahan. Aluminium foil juga banyak digunakan meredam panas pada pabrik maupun perumahan. Pada perkembangannya rockwool pun sekarang banyak digunakan sebagai median tanam tanaman hidroponik.

Rockwool Density 40 kg/m³ tebal 50 mm ukuran 60 cm x 120 cm.

Rockwool Density 60 kg/m³ tebal 25 mm dan 50 mm ukuran 60 cm x 120 cm.

Rockwool Density 80 kg/m³ tebal 25 mm dan 50 mm ukuran 60 cm x 120 cm.

Rockwool Density 100 kg/m³ tebal 25 mm dan 50 mm ukuran 60 cm x 120 cm.

Rockwool Density 120 kg/m³ tebal 50 mm ukuran 60 cm x 120 cm.

Rockwool Density 128 kg/m³ tebal 50 mm ukuran 60 cm x 120 cm.

Rockwool untuk hidroponik ( cocok memakai density 80 kg/m³ tebal 25 mm atau 50 mm ).

Untuk informasi harga rockwool, harga rockwool per lembar, harga rockwol per roll, jual rockwul peredam, agen tempat jual rokwul peredam suara, silahkan hubungi kami. Terimakasih.

Rockwool adalah produk serat mineral ringan yang terbuat dari bahan dasar bebatuan, yang dirancang sebagai bahan peredam suara, isolasi terhadap panas. Fungsi umum dari rockwool adalah untuk memberikan isolasi di rumah tinggal atau bangunan komersial. Rockwool juga dapat melindungi pipa, kapal, rumah dan peralatan memasak domestik. Meskipun paling umum dikenal untuk menyediakan isolasi di rumah, orang juga menggunakan rockwool dan slagwool sebagai media tumbuh hortikultura.

Karena serat yang tidak mudah terbakar dan memiliki titik leleh yang ekstrim lebih dari 2.150 derajat Farenheit, isolasi rockwool bertindak sebagai penghalang api. Karakteristik tahan apinya dapat menunda penyebaran api, yang bisa menambahkan menit berharga untuk melarikan diri saat kebakaran. Rockwool juga tahan air, anti pembusukan dan jamur, termasuk berbagai jenis pertumbuhan bakteri. Karena tahan air, rockwool tidak akan melemah atau kendur. Rockwool memiliki isi yang padat, sehingga mengurangi aliran udara dan transmisi gelombang suara.

Harga peredam rockwool umumnya ditentukan oleh beda densitas atau daya serap suara dan panas yang ada pada rockwool itu sendiri dan jenisnya. Misalnya untuk rockwool jenis lembaran dengan lebar 60 cm dan panjang 120 cm dan tebal 5 cm dengan densitas 40 kg harganya rockwool berbeda dengan rockwool densitas 80 kg dengan ukuran dan jenis yang sama. Demikian pula rockwool densitas 80 kg berbeda harganya dengan rockwool densitas 100 kg. Umumnya rockwool yang beredar dipasaran untuk jenis rockwool lembaran ada 4 asampai 5 jenis densitasnya, yaitu rockwool densitas 40kg/m3, rockwool densitas 60 kg/m3, rockwool densitas 80 kg/m3, rockwool densitas 100 kg/m3 dan kadang ada juga rockwool densitas 120 kg.m3. Untuk ukuran jenis rockwool lembaran ini sama semua yaitu 60 cm x 120 cm dan tebal 5 cm.

Harga rockwool selain lembaran adalah rockwool blanket yaitu rockwool yang bentuk roll dengan ukuran 60 cm, dengan panjang 3 meter dan 5 meter dan tebal bervariasi mulai dari tebal 2.5 cm, 5 cm, 7.5 cm dan 10 cm. Umumnya rockwool blangket ini ada yang menggunakan kawat (wire) dan tidak menggunakan kawat (non wire). Pemakaiannya seperti pada rockwool lembaran, rockwol blangket digunakan untuk peredam suara dan peredam panas sehingga bisa dipasang di ruangan karaoke, studio musik atau ruangan mesin. Rockwool blanket insulation with wire mesh roll ( Rock wool gulungan berkawat ) Wol Mineral Isolasi Blanket, Rockwool Blanket Penyerapan Suara menghadapi : Rockwool Blanket dapat dijahit dengan galvanis wire mesh dan dilaminasi dengan Aluminium Foil, Black Tissue dan bahan lainnya yang dihadapi. Batuan selimut wol adalah jenis produk yang lembut dan gulungan yang terbuat dari wol batuan merasa dibungkus dengan kawat kasa, kasa stainless steel atau kawat kaca, terutama digunakan untuk pengawetan panas pipa kaliber besar, tangki penyimpanan, peralatan skala besar, hal yang tidak teratur, katup dan pipa bersama. Besi kawat dan kawat baja stainless jahitan terasa terutama berlaku untuk insulasi panas peralatan suhu tinggi.

Produk Rockwool tidak mudah terbakar dan memiliki titik leleh sekitar 1000 ° C. Sangat cocok untuk isolasi suhu, perlindungan kebakaran dan pengurangan / penyerapan suara. Rockwool terbuat dari bahan anorganik dan tidak bernutrisi sehingga terbebas dari mikroorganisme. Wol mineral tidak akan membusuk dan bebas kutu. Dalam proses pembuatannya, produk Rockwool tidak mengandung CFC, HFC, HC FCS, atau asbes. Produk Rockwool cocok diaplikasikan untuk bioskop, studio musik, ruang meeting, perumahan, bangunan komersil dan bangunan industri.

Keunggulan :
1. Stabil di berbagai ruangan
2. Tahan api
3. Tahan benturan
4. Kedap suara
5. Tahan air
6. Ramah lingkungan

KEMASAN DAN PENYIMPANAN
Rockwool gulungan (blanket) diberikan dalam bentuk terlipat / roll (tergantung dari pabrik). Rockwool lembaran (Slab) diberikan dalam bentuk pak dengan isi per pax sebanyak 6 lembar. Semua produk dibungkus dalam lembaran polietilen untuk kemudahan penanganan, pengiriman, penyimpanan, dan identifikasi. Produk Rockwool harus di simpan didalam ruangan atau dilindungi dari air apabila disimpan di luar ruangan.

Jika anda ingin memesan harga peredam rockwool, harga rockwool per lembar, harga rockwool per meter, harga rockwul peredam suara, harga rokwul peredam, harga peredam suara rockwool, harga peredam rockwool peredam dinding silahkan hubungi kami. Dengan senang hati kami akan membantu anda. Terimakasih

      2. Glasswool

Material peredam suara saat ini menjadi bahan yang cukup dibutuhkan bagi masyarakat perkotaan yang membutuhkan privasi atau untuk kebutuhan mengurangi kebocoran suara di suatu ruangan. Bahan peredam suara yang umum digunakan oleh masyarakat ada bermacam-macam, mulai dari karet busa, gabus, busa telur, rockwool, hingga glasswool, yang dijual dengan harga mulai puluhan ribu rupiah.

Bahan-bahan tersebut diperlukan untuk ruangan-ruangan yang fungsinya tak boleh terganggu oleh suara bising dari luar ruangan, misalnya saja studio rekaman, gedung bioskop, studio musik, apartemen, kamar-kamar hotel berbintang, atau sebagainya. Karakteristik utama yang harus dimiliki oleh bahan peredam suara tentu saja tidak boleh menjadi penghantar energi suara (mekanik) yang baik, atau tidak mudah bergetar jika terpapar energi akustik (suara). Dari semua bahan tersebut, glasswool termasuk bahan yang banyak dipakai.

Glasswool adalah bahan peredam suara yang berbahan dasar dari serat kaca. Fungsi utama glasswool adalah mengurangi intensitas suara dari resonansi panel yang sampai ke telinga (soundproofing) dan fungsi pendukungnya sebagai penahan panas. Bahan peredam suara umumnya adalah material yang bersifat lembut serta berpori, seperti busa dan sejenisnya. Karena, selain sangat efektif menurunkan intensitas suara, bahan tersebut juga bersifat elastis.

Ciri-ciri glasswool menyerupai selimut tebal berwarna kuning. Glasswool kerap dijual dalam bentuk lembaran dan juga dalam kuantitas besar berwujud roll. Material ini biasanya mempunyai ukuran ketebalan antara 25 mm hingga 50 mm dengan densitas permukaan mulai dari 25 gram per m2 hingga 75 gr per meter persegi.

Glasswool dikenal sebagai bahan insulasi atau peredam panas dan suara yang sangat baik. Produk satu ini mudah digunakan dan sifatnya elastis, sehingga mudah dalam pemasangan dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Glasswool dibuat dari serat fiberglass yang diproses melalui proses tertentu hingga teksturnya menyerupai wol. Material satu ini kerap dimanfaatkan sebagai lapisan di bawah rumah, perkantoran, studio musik, ruang rekaman, pelapis pipa, saluran AC, saluran udara di pabrik, pelapis kabel, hingga untuk knalpot mobil dan sepeda motor.

Selain glasswool, ada pula material bernama rockwool yang juga sama-sama berfungsi sebagai bahan peredam suara. Lalu, apa perbedaan glasswool dengan rockwool? Sesuai dengan namanya, rupanya perbedaan mendasar antara kedua material itu adalah bahannya. Jika glasswool terbuat dari bahan serat kaca, maka rockwool terbuat dari bahan dasar bebatuan.

Manfaat Glasswool

Mampu menjaga suhu udara dengan tepat. Penggunaan glasswool disebut-sebut dapat menjaga suhu udara dalam ruangan dan dapat terhindar dari suhu udara yang terlalu dingin atau terlalu panas.
Lebih hemat listrik. Salah satu kegunaan glasswool adalah untuk meredam panas. Dengan pemakaian glasswool, Anda dapat lebih menghemat listrik karena penggunaan AC atau kipas angin bisa diminimalkan.

Tidak berbau. Glasswool dikenal sebagai bahan yang tidak menimbulkan bau-bauan aneh, sehingga relatif aman dan nyaman untuk digunakan.

Kemudian, untuk kelebihan, glasswool menawarkan berbagai keunggulan, mulai dari daya konduksi yang rendah, bebas digunakan pada temperatur 100-250 derajat Celcius, tidak mudah terbakar, tidak berkarat atau berjamur, memiliki daya fleksibilitas yang baik, dan juga bebas perawatan. Tak heran jika glasswool banyak dicari dan digunakan sebagai bahan peredam suara.

Instalasi glasswool di dinding
Meski punya banyak manfaat dan kelebihan, pengaplikasian glasswool harus dilakukan secara berhati-hati. Pasalnya, glaswool seringkali rontok dan menempel di kulit, sehingga dapat menyebabkan kulit terasa gatal atau perih seperti tertusuk jarum. Yang lebih berbahaya lagi, jika serbuk-serbuk kaca tersebut tersedot masuk ke paru-paru, bisa berpotensi melukai serabut paru-paru yang halus dan mengganggu sistem pernapasan.

Selain itu, glasswool memiliki sifat atau karakteristik menyerap uap air. Dalam keadaan lembap, kemampuan meredam suara dari glasswool bisa berubah. Glasswool yang lembap dapat berjamur dan beratnya menjadi 5 sampai 7 kali lebih berat dari berat aslinya. Faktor kelembapan bisa sangat memengaruhi usia glasswool, dan glasswool yang lembap akan mudah lapuk dan hancur seperti pasir.

Harga Glasswool
Peredam suara atau glass wool biasanya dijual ecer per meter persegi (m2), per roll (gulungan), atau bahkan dijual dalam bentuk potongan ukuran kecil. Pada tahun 2019 lalu, harga glasswool per meter dengan tebal 8 mm dan lebar 200 cm adalah Rp70 ribuan. Namun, harga ini tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing toko.

Sementara itu, glasswool per roll dijual dengan harga lebih mahal berdasarkan tingkat density atau kepadatannya. Misalnya saja, untuk glasswool dengan density 16 kg, harganya berkisar Rp275 ribuan per roll, lalu glasswool yang kepadatannya 24 kilogram dibanderol dengan harga sekitar Rp450 ribuan per roll, sedangkan glasswool dengan kepadatan 32 kg harganya mencapai Rp550 ribuan per gulung.

Tersedia pula glasswool yang berlapis aluminium foil yang harganya relatif lebih mahal dari glasswool biasa. Harga glasswool lapis alumunium foil dengan density 16 kg per meter kubik (m3) ukuran 1,2 meter x 30 m dengan tebal 2,5 cm ini mulai Rp525 ribuan, kemudian yang beratnya 18 kg dibanderol dengan harga Rp1.050.000, dan yang seberat 20 kilo dijual seharga Rp1.365.000.

Produk glasswool saat ini cukup mudah ditemukan di pasaran. Selain bisa dibeli secara offline di sejumlah distributor glasswool yang ada di tempat tinggal Anda, Anda juga bisa membeli glasswool secara online melalui kami. Namun, perlu diketahui bahwa harga glasswool bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga glasswool yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.

Glasswool juga sangat mudah digunakan karena memiliki sifat yang elastis sehingga dapat dengan mudah dipasang. Biasanya, glasswool sering dipilih dan digunakan sebagai lapisan di bawah pabrik, gudang, rumah, perkantoran, dan tak jarang pula glasswool sering dijumpai di studio – studio kedap suara.

Bahan dasar yang memiliki sifat sebagai peredam panas pada glasswool bertujuan untuk menjaga suhu agar tetap stabil sehingga ketika sedang menempati sebuah ruangan kita akan merasa lebih nyaman. Saat ini, kebutuhan akan peredam panas sendiri sangat banyak diminati, maka tak heran apabila banyak pula para pengembang perumahan yang akhirnya memilih glasswool sebagai nilai tambah.
Tidak hanya untuk perumahan, di sektor industri juga banyak sekali perusahaan yang memilih dan menggunakan peredam panas sebagai kebutuhan pabriknya. Biasanya pabrik yang memilih menggunakan peredam panas atau glasswool ini memasangnya di gudang yang suhunya memang sangat panas, hal ini dilakukan supaya para karyawan bisa lebih merasa nyaman saat bekerja.

Ciri – ciri atau karakterisitik dari glasswool sendiri lebih mirip seperti selimut tebal yang dibalut dengan warna kuning. Saat ini, glasswool dapat dengan mudah ditemukan di pasaran, banyak pula yang menjual glasswool secara ecer dan dalam bentuk lembaran. Bahkan, karena glasswool sering digunakan dan memang banyak sekali dibutuhkan, sekarang ini glasswool juga dapat dibeli dengan jumlah yang besar dalam bentuk roll.

Rata – rata glasswool memiliki ketebalan sekitar 25 mm hingga 50 mm dengan densitas permukaan yang bisa anda dapatkan dengan ukuran mulai dari 25g per meter persegi hingga 75g per meter persegi.

Pemakaian glasswool dengan tujuan untuk meredamkan panas memang termasuk salah satu pilihan yang tepat dan tentunya bermanfaat. Manfaatnya pun bisa langsung dirasakan utamanya bagi anda yang menggunakan glasswool untuk meredam panas di ruangan. Beberapa manfaat menggunakan glasswool untuk meredam panas di ruangan tersebut adalah sebagai berikut :

Mampu menjaga suhu udara dengan tepat.
Salah satu manfaat glasswool untuk ruangan adalah dapat membuat suhu di ruangan anda jadi lebih terjaga serta dapat terhindar dari suhu udara yang terlalu dingin ataupun terlalu panas.

Lebih hemat listrik.
Dengan menggunakan glasswool sebagai peredam panas di ruangan anda tentunya mampu meminimalisir dan menghemat penggunaan listrik. Dengan demikian, anda tak perlu lagi membayar listrik terlalu mahal, sebab dengan adanya glasswool, penggunaan AC (Air Conditioner) ataupun kipas angin yang boros listrik juga dapat diminimalisir.

Aman dan tidak bau.
Manfaat berikutnya yang bisa anda dapatkan dari penggunaan glasswool ini adalah tidak menimbulkan bau tak sedap yang berbahaya utamanya terhadap kesehatan. Dengan demikian, suasana yang nyaman pun dapat selalu tercipta dan terjaga tanpa adanya gangguan dari bau – bau yang aneh dan tak sedap.

Glasswool vs Aluminium Foil
Alat peredam panas lain yang juga masih diminati adalah aluminium foil. aluminium foil sendiri memiliki sifat yang elastis, kuat, tahan air dan mampu menahan serta memantulkan panas sinar matahari. Fungsi aluminium foil ini pada umumnya memang sama dengan glasswool, yaitu sama – sama dapat digunakan sebagai alat peredam panas. Namun, jika ditinjau lebih lanjut, glasswool memiliki beberapa kekurangan apabila dibandingkan dengan aluminium foil.

Hal ini yang menjadikan glasswool memiliki perbedaan dengan aluminum foil, utamanya jika ditinjau mengenai fungsi dan juga cara kerja dari keduanya. Perbedaan tersebutlah yang akhirnya menjadikan glasswool memiliki nilai rendah dan membuat para pengguna beralih ke aluminium foil.

Beberapa perbedaan tersebut diantaranya :
Glasswool meredam panas dengan cara menyerap, berbeda dengan aluminium foil yang meredam panas secara reflektif. Kelemahan dari sistem serap yang dimiliki glasswool yaitu sangat bergantung terhadap ketebalan dari glasswool itu sendiri. Hal tersebut yang menjadikan panas akan tetap memuai apabila daya tampungnya sudah tidak muat. Sedangkan daya serap aluminium foil tidak bergantung pasa seberapa tebalnya melainkan benar – benar murni dari lapisan foil yang ada di permukaannya untuk dapat memantulkan berapapun panas yang datang.

Daya tahan glasswool lebih rendah jika dibandingkan aluminium foil. Hal ini dapat terjadi karena glasswool tidak tahan air, sehingga mudah lapuk dan disukai oleh serangga atau tikus. Sedangkan aluminium foil selain dapat memantulkan panas juga lebih tahan terhadap air sehingga tidak mudah lapuk dan tidak disukai serangga atau tikus.

Dalam hal kesehatan, glasswool cukup membahayakan sebab glasswool memiliki sifat karsinogen bagi manusia bila terhirup di pernafasan dalam jangka waktu tertentu. Kontak langsung dengan glasswool juga dapat menimbulkan gatal serta iritasi pada kulit.

Cara Kerja Glasswool

Serat – serat halus yang sudah dipress jadi satu pada lembaran glasswool akan membentuk banyak rongga kecil. Rongga – rongga kecil tersebut berfungsi sebagai kantong udara yang terpisah satu sama lain, kantong udara yang terpisah ini akan memperlambat transfer panas dan suara. Semakin banyak rongga kecil yang ada pada lembaran glasswool akan menjadikan transfer panas dan suaranya juga makin lambat.

Cara Penanganan
Pada umumnya, glasswool memiliki ukuran serat sekitar 5 – 10 micron, dimana 1 micron = 1/1000 milimeter. Namun ada pula partikel halus debu glasswool yang ukurannya dibawah 3 micron yang dapat terhirup dalam sistem pernafasan. Partikel halus yang terlepas dari glasswool ini dapat menyebabkan gatal bahkan iritasi di kulit, mata serta pernafasan pada pekerja yang tidak mengenakan alat bantu saat pemasangan. Maka dari itu, gunakanlah masker sebagai pelindung pernafasan, kacamata sebagai pelindung mata serta sarung tangan dan juga pakaian guna menutup permukaan kulit agar tidak terkena debu glasswool.

Tips pemasangan untuk meminimalisir efek debu glasswool terhadap kesehatan diantaranya :
Tutup permukaan glasswool dengan lapisan Wofen Foil Laminasi guna mengurangi partikel debu yang dapat terlepas dan terhirup.
Hindari peasangan glasswool pada bagian yang mendapatkan getaran secara kontinu (berkelanjutan). Sebab getaran tersebut mampu membuat partikel debu terlepas lalu terhirup.

Harga Glasswool Per M2 Dan Per Roll
Di Indonesia, terdapat dua jenis glasswool yang banyak dijual di pasaran, yaitu glasswool tanpa branded dan glasswool yang branded. Namun, kebanyakan yang dijual di Indonesia adalah glasswol tanpa branded yang otomatis tidak disertai dengan sertifikasi yang menjamin kemanannya terhadap api atau panas dan juga bagi lingkungan. Glasswool – glasswool tanpa branded ini biasanya banyak digunakan untuk proyek – proyek yang memiliki anggaran rendah atau tidak terlalu tinggi serta harga yang ditawarkan pun lebih ekonomis.

      3. Karpet Peredam Suara

Karpet Peredam Suara 2020 yang bisa digunakan sebagai peredam suara ruangan bagian dalam ruangan. Peredam suara karpet glasswool ini sangat ramah lingkungan dengan daya redam suara baik sekali. Karpet peredam ini terdiri dari beberapa tebal karpet mulai dari Tebal 3mm, 5mm, 7mm dan 10mm semakin tebal daya redam semakin baik.
Berikut Spesifikasi Karpet Peredam suara kami :
Thickness/Tebal : 3mm, 5mm, 7mm & 10mm
Ukuran : Lebar 2m x Panjang 25m
Density : 75 kg/m³
Warna : Abu- abu & Warna Warni
Material peredam suara ini bisanya digunakan pada aplikasi : pembuatan peredam ruang genset, peredam suara ruang karaoke, peredam akustik ruang musik dan peredam suara home theater. Dengan material ini kebisingan dan kejernihan suara akan anda dapatkan.

Namun tahukah Anda bahwa karpet peredam suara juga dapat digunakan sebagai peredam suara? Bahan dasarnya adalah glasswool berwarna abu-abu. Dapatkan karpet peredam suara terbaik di agen jual bahan peredam suara, toko dengan harga karpet peredam suara per meter terjangkau. Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas barang yang dikirimkan karena kami menjamin mutu bagus sampai di tangan konsumen.

Pada umumnya, karpet peredam suara dipakai sebagai lapisan akhir atau finishing pembuatan kedap suara. Ketebalan karpet ini mulai 3 mm sampai 7 mm dengan lebar 200 cm dan panjangnya bisa mencapai 25 m. Karpet ini lebih sering dijumpai dalam bentuk gulungan.

Pemasangan karpet peredam biasanya dipadukan dengan bahan peredam lain seperti rockwool, healthywoool dan greenwool. Sebagai contoh di ruang karaoke atau studio musik, karpet dipasang di dinding sebagai finishing. Sementara bahan peredam lainnya ditempel di plafon.
Untuk Anda yang alergi terhadap debu, disarankan tidak memasang karpet peredam suara. Seabab sekali serpihan glasswool ketika mengenai kulit dapat menimbulkan rasa gatal.

Karpet merupakan salah satu bahan material yang sering digunakan alam pembuatan peredam suara ruangan. Sebetulnya karpet lebih cocok sebagai bahan penyerap suara atau peredam suara dibandingkan sebagai bahan kedap suara karena pada umumnya karpet peredam suara digunakan sebagai lapisan akhir pembuatan kedap suara baik partisi kedap suara maupun ruangan kedap suara. Karpet peredam suara yang beredar dipasaran banyak dikenal sebagai karpet glasswoll yang berwarna abu abu dengan ketebalan mulai dari 3 mm, 5mm hingga 7 mm dengan lebar sekitar 200 cm dan panjang bisa mencapai 25 m untuk 1 roll.

Pemakaian karpet peredam suara glasswool ini sering kali juga dipakai didalam partisi kedap suara untuk membantu daya kedap partisi yang dipasang. Umumnya dipadukan dengan bahan peredam suara lain seperti rockwool, glasswool, greenwool, healthywool, dan sebagainya. Untuk aplikasi penyerap gema karpet ini sering digunakan sebagai finishing pada ruangan studio musik, karaoke, home theatre dan sebagainya. Namun untuk mereka yang alergi dengan debu, disarankan tidak menggunakan bahan ini karena bisa menyebabkan sesak akibat debu yang menempel pada karpet ini.

Biasanya karpet peredam suara dipasang pada area dinding, sementara untuk area plafon biasanya digunakan busa peredam suara bentuk piramid atau busa telur.

Produk peredam suara karpet glass wool ini merupakan produk alternative untuk meredam gema dan kebisingan pada ruangan anda. Selain itu peredam suara karpet bisa menjadi peredam akustik untuk ruangan anda. Produk ini karpet glass wool biasa nya digunakan sebagai material finishing pada pembuatan room karaoke, ruang musik maupun kamar tidur. Dengan harga peredam suara karpet yang terjangkau membut barang ini laris di pasaran.

Sebetulnya karpet lebih cocok sebagai bahan penyerap suara atau perderam suara di bandingkan sebagai bahan kedap suara karena pada umumnya karpet peredam suara di gunakan sebagai lápisan akhir pembuatan kedap suara baik partisi kedap suara maupun ruangan kedap suara.

Produk Karpet Peredam Suara glass wool ini merupakan produk alternative untuk meredam gema dan kebisingan pada ruangan anda. Selain itu Karpet Peredam Suara bisa menjadi peredam akustik untuk ruangan anda. Produk ini karpet glass wool biasa nya digunakan sebagai material finishing pada pembuatan room karaoke, ruang musik maupun kamar tidur. Dengan harga Karpet Peredam Suara yang terjangkau membut barang ini laris di pasaran.

Pemakaian karpet peredam suara glasswool ini sering kali juga di pakai di dalam partisi kedap suara untuk membantu daya kedap partisi yang di pasang. Umumnya di padukan dengan bahan peredam suara lain seperti rockwool, glasswool, greenwool, healthywool dan sebagainya. Untuk aplikasi penyerap gema karpet ini sering di gunakan sebagai finishing pada ruangan studio musik, karaoke, home theatre dan sebagainya.

Material peredam suara karpet yang kami miliki mempunyai beberapa ukuran tebal yang bervariasai sehingga anda bisa menyesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan anda.

Material karpet peredam suara kami memiliki beberapa ukuran tebal sehingga bisa disesuaikan keinginan dan kebutuhan di lokasi, berikut ukuran yang kami miliki :
Size Glass wool karpet : Tebal : 5 mm, 7 mm & 10 mm Lebar : 2.000 mm Panjang : 20.000 mm
Peredam suara karpet Untuk harga kami berikan per meter, dan untuk harga lebih lanjut bisa menghubungi marketing kami.

      4. Noise Armour Mat Resin

Bahan kedap suara berfungsi untuk menginsulasi suara dalam sebuah ruangan atau bidang. Bahan kedap suara umumnya dipakai untuk meredam suara dari luar yang masuk kedalam ruangan dan suara dari dalam yang keluar ruangan. Untuk varian bahan kedap suara, banyak sekali produk pabrikan atau benda-benda olahan tangan yang dijadikan sebagai bahan kedap suara. Bukan soal harga atau bentuk yang menjadi prioritas syarat bahan kedap suara yang baik. Ada beberapa poin yang perlu kita lihat pada produk tersebut. Di bawah ini, akan dijabarkan apa saja syarat bahan kedap suara yang baik.

Lima Syarat Bahan Kedap Suara yang Baik
1. Tingkat Densitas (Massa Jenis) Permukaan
Bahan kedap suara yang memiliki densitas (massa jenis) permukaan yang lebih besar memiliki nilai kedap suara yang lebih besar pula. Densitas permukaan adalah berat bahan tipis yang mendekati nol dibagi dengan luas permukaan bahan tersebut. Satuan densitas permukaan adalah kilogram per meter persegi (kg/m2).
Contoh:
Densitas permukaan MDF 3mm adalah 1.93kg/m2 memiliki STC 9 dan densitas permukaan Triplek 3mm adalah 0.71kg/m2 memiliki STC 5. STC singkatan dari Sound Transmission Class dan menunjukan indeks pengurangan transmisi suara material tertentu. Semakin besar angka STC, maka material tersebut memiliki kemampuan kedap suara yang lebih besar pula. Dari contoh tersebut, terlihat bahwa semakin besar densitas permukaan sebuah material, maka semakin besar pula nilai STC-nya.

2. Tingkat Tahanan Udara (Flow Resistivity)
Material dengan tingkat tahanan udara yang tinggi memiliki nilai kedap suara yang lebih baik. Material dengan tingkat tahanan udara yang kecil umumnya memiliki pori rongga udara yang renggang. Sebagian besar orang menggunakan bahan berpori untuk membuat dinding kedap suara yang mana hasilnya sering kali mengecewakan. Material dengan pori rongga udara yang rapat menyulitkan gelombang suara untuk merambat melalui rongga udara antarserabut.

Contoh:
Kain dengan pori rongga udara yang renggang lebih transparan suara dibandingkan dengan kain dengan pori rongga udara yang rapat.

3. Tidak Turut Bergetar atau Dapat Meredam Getaran
Bahan kedap suara yang baik tidak mudah bergetar atau meneruskan getaran sehingga mampu meredam getaran.

Contoh:
Pemasangan panel partisi dengan konstruksi rangka besi hollow dan panel gipsum kerap kali menimbulkan bunyi rangka hollow yang saling beradu karena getaran suara. Bunyi baru ini sering disebut sebagai flanking noise. Gambar di bawah memberikan contoh panel soundproofing yang mampu meredam getaran.

4. Memantulkan Suara
Ciri lain bahan kedap suara yang baik adalah bahan tersebut memantulkan suara. Bahan yang memantulkan suara lebih besar cenderung memiliki nilai kedap suara yang lebih besar. Karena semakin besar energi suara yang dipantulkan, maka semakin sedikit energi suara yang diteruskan.

Contoh:
Ruangan yang keenam bidangnya terbuat dari beton lebih banyak memantulkan suara dibandingkan dengan ruangan yang keenam bidangnya terbuat dari kayu.

5. Aman Bagi Manusia dan Lingkungan
Syarat yang paling penting bagi bahan kedap suara adalah keamanan bagi manusia dan lingkungan. Keamanan dalam hal ini adalah aman buat kesehatan manusia, yaitu tidak beracun. Aman terhadap ancaman kebakaran karena tidak cepat merambatkan api. Selain itu, bahan kedap suara harus bisa berumur panjang karena masa pakai sebuah properti bisa sampai 20 tahun lebih.

Contoh:
Bahan yang sering digunakan sebagai kedap suara yang terbuat dari serat mineral bebatuan. Kita ambil contohnya rockwool. Serbuknya dapat mengganggu pernapasan. Sedangkan, Acourete Mat Resin 2A lebih efektif sebagai bahan kedap suara, terutama dari segi keamanan dan lingkungan bagi manusia.

Acourete Mat Resin 2A Memenuhi Kelima Syarat Kedap Suara

Acourete Mat Resin 2A adalah bahan yang dikembangkan secara khusus sebagai bahan kedap suara. Acourete Mat Resin 2A memenuhi kelima persyaratan di atas.

Acourete Mat Resin

Acourete Mat Resin memilki nilai densitas permukaan yang sangat tinggi yaitu sebesar 2000kg/m3 atau setara dengan densitas tembok batu bata merah walaupun Acourete Mat Resin 2A jauh lebih tipis daripada batu bata merah. Lalu, Acourete Mat Resin 2A adalah material viskoelastis yang efektif meredam getaran. Jadi, suara yang dirambatkan pada permukaan partisi teredam dengan baik. Selain itu, Acourete Mat Resin 2A memiliki ketahanan udara yang tinggi sehingga gelombang suara lebih sulit untuk menembus permukaan. Juga, Acourete Mat Resin 2A sanggup memantukan suara dan memiliki nilai STC 29 atau setara dengan tembok batu bata dengan ketebalan 10cm. Terakhir dan sangat penting dari Acourete Mat Resin 2A adalah aman buat manusia dan lingkungan.

    5. Regupol

Regupol Vibration 300 Karet Peredam Getaran Serba Guna

Gangguan suara yang terjadi akibat getaran dapat menurunkan kualitas hidup. Contohnya, getaran mesin di sebuah pabrik mengakibatkan gangguan suara di ruang meeting. Atau, getaran mesin chiller, genset, AHU di sebuah bangunan hotel atau apartemen mengganggu kenyamanan penghuni. Selain itu, getaran akibat alat transportasi umum, seperti monorel, subway, dan truk trailer dapat terdengar ke lingkungan perumahan atau gedung.

Solusi untuk mengatasi masalah gangguan suara tersebut di atas adalah dengan memasang Vibration Damping Material pada landasan mesin, fondasi gedung, landasan rel kereta api, dan sebagainya. Regupol Vibration 300 adalah Vibration Damping Material yang cocok untuk mengatasi masalah tersebut. Regupol Vibration 300 berbahan dasar karet campuran dan memiliki frekuensi resonansi mencapai 11Hz yang mampu meredam energi getaran sampai dengan 99% atau 40dB. Dengan teknologi anti deformasi dan anti jamur, Regupol Vibration 300 mampu bekerja efektif lebih dari 20 tahun.
Keunggulan
• Efektif memutus kontak mekanik (decoupling) yang terjadi akibat kontak fisik antara ruangan dengan struktur bangunan
• Frekuensi resonansi kritis yang cukup rendah sampai dengan 11Hz
• Mudah dalam pemasangan
• Bebas alergi
• Bebas bahan beracun
• Fire safety
• Moisture resistant
Untuk membuat lantai decoupling pada:
• Broadcast Studio
• Music Recording
• Home Theater
• Karaoke
• Music Hall
• Discotheque
• Rel Kereta Api
• Machine Room
• Fondasi Bangunan

Harga peredam suara kamar tidur ditentukan oleh faktor diatas, namun dalam skala umum dan tingkat kebisingan tidak terlalu tinggi, maka harga peredam suara kamar tidur bisa diharga Rp 400.000 per m2 sudah termasuk bahan material dan jasa pemasangannya. Namun harga tersebut belum diputuskan dari hasil survey yang bisa mengubah harga karena faktor lainnya. Bahan material peredam suara yang digunakan umumnya menggunakan rockwool, glasswool, greenwool atau healthywool dan bahan material lainnya seperti karet peredam suara, karpet, busa dan sebagainya.

Untuk harga peredam suara kamar tidur, biaya peredam suara per meter, jasa pembuatan peredam suara kamar, biaya pasang peredam suara kamar tidur, harga pasang peredam suara kamar, harga bahan peredam suara kamar, silahkan hubungi kami. Dengan senang hati kami akan membantu anda. Terimakasih.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *